Antisipasi Sengketa Pilkada, Bawaslu Blitar Bekali Panwaslu Kecamatan | Kediri TIMES

Antisipasi Sengketa Pilkada, Bawaslu Blitar Bekali Panwaslu Kecamatan

Oct 02, 2020 13:51
Rakor Penyelesaian Sengketa Antarpeserta digelar Bawaslu Kab Blitar
Rakor Penyelesaian Sengketa Antarpeserta digelar Bawaslu Kab Blitar

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar, memperkuat pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati Blitar 2020. Diantaranya dengan gelar rapat koordinasi (Rakor) penyelesaian sengketa antar peserta pemilihan bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Blitar.

Rakor yang dipusatkan di aula terbuka Prasada Mart, Kanigoro ini, diikuti seluruh Panwaslu dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar. Dengan digelarnya rakor ini diharapkan seluruh Panwaslu di Kabupaten Blitar benar-benar siap menangani perkara jika dalam pelaksanaan pilkada nanti terjadi sengketa antarpeserta. 

Baca Juga : Cek Kekayaan Dua Paslon di Pilkada Kabupaten Malang 2020  

“Rakor ini sangat penting bagi pengawasan pemilu. Kami ingin rakor ini jadi ajang menimba ilmu terkait penyelesaian sengketa. Karena nantinya, Panwaslu Kecamatan bisa langsung menangani perkara sengketa antarpeserta,” ungkap Hakam kepada BLITARTIMES, Jumat (2/10/2020). 

Banyak paparan yang disampaikan oleh narasumber. Misalnya, dari Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Blitar Nur Mustofa, yang menyampaikan, Panwaslu Kecamatan sangat perlu memahami mengenai teknis pelaksanaan sengketa acara cepat. Karena akan banyak kejadian-kejadian nanti yang akan disengketakan secara cepat di tingkat kecamatan. 

“Untuk itu diharapkan peserta dapat mengikuti dengan hikmat kegiatan ini mengingat pentingnya kegiatan tersebut,” tegasnya.

Dikatakannya, penyelesaian sengketa proses pemilihan antarpeserta, penyelesaian sengketa cepat pemilihan dilakukan melalui musyawarah dengan acara cepat. Sengketa pemilihan terjadi karena hak peserta pemilihan yang dirugikan secara langsung oleh peserta pemilihan lainnya. 

“Penyelesaian sengketa cepat pemilihan dilakukan melalui musyawarah dengan acara cepat. Penyelesaian sengketa tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Baca Juga : Tersandung Netralitas, 23 ASN Diperiksa Bawaslu Kabupaten Kediri

Dalam rakor ini para peserta tidak hanya mendapat materi di seputaran teori. Para peserta rakor dalam hal ini Panwaslu Kecamatan juga diberikan materi simulasi teknik penyelesaian sengketa acara cepat. Dicontohkan, sengketa antarpeserta pemilihan pada saat pemasangan baliho.

“Penyelesaian sengketa pemilihan antarpeserta pemilihan dapat dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan berdasarkan mandat yang diberikan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota,” terang Mustofa.

 

Topik
Bawaslu Kabupaten Blitar rakor panwas sengketa cepat pilkada Pilkada Kabupaten Blitar 2020 Berita Blitar Hari Ini

Berita Lainnya