Ruhut Sitompul (Foto:  Harianbatakpos.com)
Ruhut Sitompul (Foto: Harianbatakpos.com)

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih jauh. Namun, siapa calon yang dijagokan sekarang sudah kerap diperbincangkan. Sejumlah nama tokoh politik disebut-sebut layak untuk mencalonkan diri sebagai presiden 2024.  

Kali ini giliran politius PDIP Ruhut Sitompul yang membicarakan kandidat capres 2024.   Ruhut menyebutkan nama Prabowo Subianto saat ditanya mengenai kandidat capres 2024.  

Baca Juga : Apresiasi Wisata Edukasi di Tulungagung, Dewan Jatim M. Alimin Konsisten Perjuangkan Aspirasi

Hal itu diungkapkan oleh Luhut melalui tayangan program Ngompol (Ngomongin Politik ) yang ditayangkan di channel YouTube JPNN.com. Meski begitu, Ruhut mengakui  Pilpres 2024 masih jauh lantaran periode kedua Jokowi baru saja dimulai.  

Namun Ruhut tetap menyebutkan nama sejumlah tokoh politik yang layak sebagai calon presiden 2024. "Bahkan yang ada di pusat. Saya lihat Pak Prabowo," kata dia.

Setelah Prabowo, Ruhut juga menyebut nama Ketua DPR RI Puan Maharani hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). "Sudah itu beberapa tokoh lainnya yang masuk (populer) itu ada Mbak Puan, AHY (Agus Yudhoyono). Ada beberapa nama. Termasuk Pak Budi Gunawan. Ya banyak di pusat. Kira-kira siapa kita (Ruhut, red) belum tahu," lanjut Luhut.  

Diketahui, beberapa hasil lembaga survei memang menempatkan Prabowo Subianto di posisi puncak sebagai capres dengan popularitas tinggi. Bahkan sempat muncul wacana, jika Prabowo benar maju sebagai capres, dia akan menggandeng Puan Maharani sebagai calon wakil presiden.  

Terkait wacana itu, Ruhut pun tidak menutup kemungkinan duet ini terjadi di Pilpres 2024 kelak.   "Namanya politik, apa pun bisa terjadi. Tapi kalau bicara Prabowo, jelas dia calon presiden. Nggak mungkin lagi wapres karena dia sudah calon presiden dua kali. Sudah itu, Mbak Puan atau Gubernur Jawa Tengah Ganjar (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, red) atau Pak Budi Gunawan, atau tokoh-tokoh PDI Perjuangan lainnya," papar Ruhut.  

Baca Juga : Dewan Sepakat Siswa Wajib Tes Bebas Narkoba dalam PPDB

Lebih lanjut Ruhut mengatakan bahwa koalisi PDIP dengan Gerindra di Pilpres 2024 lebih menarik menurut masyarakat dibandingkan dengan  Golkar.