Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Inovasi dan gebrakan baru di bidang pelayanan kependudukan terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar. Bekerjasama dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Dispendukcapil melakukan MoU terkait pelayanan validasi dan percepatan data adminduk yang berhubungan dengan persyaratan pernikahan. 

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati mengungkapkan, dengan kerjasama ini, warga yang mengurus nikah tak lagi wara-wiri dari kantor KUA yang berada di bawah naungan Kemenag ke kantor Dispendukcapil, bila menemui data bermasalah yang diperlukan sebagai persyaratan administrasi pernikahan. Kerjasama ini membuat pelayanan lebih cepat, tepat dan hemat waktu.

Baca Juga : Dorong Petani Tembakau Lebih Sejahtera, Ini Gebrakan Dinas Pertanian Pemkab Blitar

“Warga tidak perlu lagi wara-wiri. Lebih hemat waktu dan cepat sekali pelayanannya. Ketika ada permasalahan ketidak akuratan data kependudukan calon manten (pengantin, red), Kemenag bisa menanyakan dengan cepat kepada kantor kami. Dan kami segera menyampaikan data yang dibutuhkan itu secepatnya,” ungkap Luhur kepada BLITARTIMES, Selasa (8/9/2020). 

Inovasi baru ini telah berjalan dan manfaatnya sangat dirasakan masyarakat Kabupaten Blitar yang mengurus persyaratan nikah. Ya, warga kini tak lagi wara-wiri dari kantor KUA ke Kantor Dispendukcapil bila ada permasalahan data kependudukan. 

“Adapun permasalahan yang seringkali muncul diantaranya Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian nomor kartu keluarga (KK) tidak aktif dan sebagainya. Lalu ada nama orang tuanya di KK itu tidak sama, namanya kurang lengkap. Permasalahan ini yang akan kami bantu dan benarkan bila ada keragu-raguan dari pihak KUA,” tegas kepala dinas yang dikenal tegas, kreatif dan inovatif ini. 

Lebih dalam Luhur menyampaikan, kerjasama ini adalah simbiosis mutualisme yang diharapkan implementasinya akan berjalan optimal. Sehingga semakin memudahkan layanan data kependudukan di Kabupaten Blitar. Hal ini sesuai dengan tugas Dispendukcapil Kabupaten Blitar, yaitu memberikan pelayanan kependudukan yang prima untuk membahagiakan masyarakat. 

Baca Juga : Peduli Guru Ngaji dan Guru Minggu, Wali Kota Santoso Turun Langsung Beri Pembinaan

“Kerjasama ini adalah simbiosis mutualisme yang memudahkan kita dalam verifikasi dan validasi data kependudukan. Permasalahan data yang bisa diatasi dengan cepat merupakan upaya kami untuk membahagiakan masyarakat,” pungkasnya (ADV)