Wali Kota Blitar Santoso melantik 191 pejabat fungsional.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Wali Kota Blitar Santoso melantik 191 pejabat fungsional.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Wali Kota Blitar Santoso melantik dan mengambil sumpah 191 pejabat fungsional baru di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Pelantikan digelar di ruang Sasana Praja Kantor Pemkot Blitar, Selasa (8/9/2020). Pelantikan di Sasana Praja hanya dihadiri perwakilan saja. Sisanya mengikuti pelantikan melalui video conference dari kantor masing-masing. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar Suyoto, mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional ini merupakan tahapan dari pengangkatan CPNS tahun 2018. Karena merupakan tahapan dari pengangkatan CPNS, pelantikan pejabat fungsional ini tidak disebutkan sebagai jabatan fungsional yang dilarang dilakukan seperti pelantikan jabatan Kepala Sekolah dan Kepala Puskesmas.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Pemkab Kediri Buat SOP Kegiatan Tradisi Menyambut Bulan Suro

“Dengan pelantikan ini CPNS yang diangkat satu tahun diangkat jadi PNS 100 persen. Mereka akan ditempatkan di jabatan yang mereka lamar. Dan perlu digarisbawahi, jangan sampai ada polemik di suasana  sekarang tidak boleh ada pelantikan. Karena ini adalah tahapan pengangkatan CPNS," ungkap Suyoto.

Dikatakannya, Pemkot Blitar memberikan keputusan pengangkatan sekitar bulan Juli lalu. Karena dalam situasi pandemi Covid-19, maka pelantikan dan pengambilan sumpah baru bisa dilaksanakan 8 September ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Pelantikan dan pengambilan sumpah baru bisa dilaksanakan hari ini dengan protokol kesehatan ketat,” imbuhnya. 

Sementara Santoso, dalam kesempatan ini berpesan kepada seluruh pejabat fungsional yang dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan instansinya masing-masing sesuai penempatan. Dirinya juga mengimbau kepada seluruh pejabat fungsional baru untuk menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab demi kepentingan masyarakat. Menurut Santoso, jabatan fungsional memiliki posisi yang cukup strategis dalam menjalankan roda pemerintahan. 

“Pesan saya, setelah pelantikan ini mereka harus bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab demi kepentingan masyarakat," ucap orang nomor satu di Kota Blitar.

Santoso menambahkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki tanggung jawab besar melayani masyarakat. Pelayanan masyarakat harus dilakukan ASN secara maksimal. Oleh sebab itu mutlak setelah pelantikan ini seluruh pejabat fungsional yang baru dilantik untuk semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Blitar. 

Baca Juga : Dorong Petani Tembakau Lebih Sejahtera, Ini Gebrakan Dinas Pertanian Pemkab Blitar

"Jabatan merupakan amanah yang harus diterima dan dijalankan. Ayo kita bekerja semaksimal mungkin untuk Kota Blitar sesuai dengan moto presiden, yaitu kerja kerja kerja. Kita tunjukkan kerja cerdas, ikhlas dan tuntas,” tegasnya.

Sekedar diketahui, dalam pengambilan sumpah kali ini ada 191 pejabat fungsional yang dilantik. Mereka terdiri dari 66 guru, 98 tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan dan RSUD Mardi Waluyo dan 27 jabatan fungsional lainnya seperti penyuluh pertanian, pustakawan, dan ahli komputer.