Tak Jadi Usung Calon Sendiri, Gerindra Pastikan Dukung Rijanto di Pilbup Blitar | Kediri TIMES

Tak Jadi Usung Calon Sendiri, Gerindra Pastikan Dukung Rijanto di Pilbup Blitar

Sep 03, 2020 20:11
Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar Mujib
Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar Mujib

Kejutan kembali mewarnai tahapan Pilkada Kabupaten Blitar. Partai Gerindra yang sebelumnya santer dikabarkan bakal mengusung calon sendiri justru berbalik arah mendukung pasangan petahana Rijanto-Marhaenis di Pilkada Kabupaten Blitar 2020. 

Keputusan Gerindra mendukung petahana terbilang mengejutkan. Pasalnya, Gerindra merupakan partai pemilik kursi terbesar keempat di DPRD Kabupaten Blitar. Nama-nama seperti Mujib (Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar) dan Sugianto (Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar) digadang-gadang menjadi kandidat calon kepala daerah yang bakal diusung oleh partai yang dikomandoi Prabowo Subianto ini. 

Baca Juga : Lawan Sanusi, Bacawabup Didik Budi Muljono Safari Politik Gandeng Mantan Bupati Sujud

Saat dikonfirmasi melalui seluler pada Kamis (3/9/2020), Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar, Mujib, membenarkan bahwa partainya telah memberikan dukungan kepada Rijanto-Marhaenis. “Iya benar mas, InsyaAlah demikian. Rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra turun kepada petahana,” jelas Mujib singkat.

Dikatakannya, dukungan DPP Gerindra telah diberikan dalam bentuk rekomendasi kepada petahana. Dia juga menyampaikan partainya telah melakukan penjaringan calon sejak setahun silam. Penjaringan secara terbuka itu juga mengusulkan petahana sebagai calon yang didukung dalam pilkada. 

“Kita buka penjaringan secara terbuka. Dari penjaringan itu siapa saja yang daftar didata. Kemudian data tersebut disampaikan ke DPD maupun DPP. Dari nama-nama yang diusulkan itu ada nama petahana. Rencananya dukungan ini akan kita berikan kepada pasangan calon petahana besok,” pungkasnya. 

Merapatnya partai Gerindra ke Rijanto-Marhaenis dipastikan memperkuat koalisi yang sudah dibangun petahana. Sebelumnya paslon dengan jargon “Rido Tur Apik” tersebut telah mendapat dukungan dari PDI Perjuangan 19 kursi, Nasdem 2 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, Golkar 3 kursi.  Merapatnya Gerindra yang memiliki 6 kursi membuat partai koalisi Rijanto-Marhaenis total memiliki 32 kursi parlemen dari partai koalisi. 

Baca Juga : Deklarasi Eri Cahyadi dan Armuji Gunakan Fasilitas Negara, Penggunaan APBD akan Disorot

Adapun calon lawan petahana yakni Mak Rini-HR Santoso memilili 16 kursi di parlemen. Rincianya PKB 9 kursi dan PAN 7 kursi. 

 

Topik
Berita Politik Blitar Partai Gerindra Pilkada Kabupaten Blitar 2020 Rijanto Marhaenis Gerindra dukung Rijanto Marhaenis

Berita Lainnya