Direkom PKB di Pilbup Blitar, Mak Rini Dikabarkan Ikut Dibaiat di Lirboyo | Kediri TIMES

Direkom PKB di Pilbup Blitar, Mak Rini Dikabarkan Ikut Dibaiat di Lirboyo

Aug 31, 2020 14:15
Mak Rini (atas dua dari kiri), hadir dan dikabarkan ikut dibaiat sebagai calon kepala daerah di Pondok Lirboyo Kediri
Mak Rini (atas dua dari kiri), hadir dan dikabarkan ikut dibaiat sebagai calon kepala daerah di Pondok Lirboyo Kediri

Langkah petahana Rijanto-Marhaenis di Pilkada Kabupaten Blitar dipastikan bakal dapat perlawanan. Rini Syarifah atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mak Rini dikabarkan mendapatkan rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai calon Bupati Blitar di Pilkada 9 Desember mendatang.

Kabar turunya rekomendasi untuk Mak Rini berembus setelah PKB melakukan agenda pembaitaan kepada sejumlah calon kepala daerah di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri, Minggu (30/8/2020). 

Baca Juga : Jelang Pilkada Serentak Jago PKB di Pilkada 2020 Jatim Dibaiat Para Kiai

Dalam agenda yang dipimpin Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar tersebut, Mak Rini menjadi satu calon kepala daerah yang dibaiat. Dia dibaiat bersama calon wakil yang mendampinginya yakni Rahmat Santoso. 

Hingga berita ini diturunkan, Mak Rini belum memberikan keterangan resmi kepada media terkait turunnya rekomendasi dari PKB. 

Selain dari PKB, pasangan Mak Rini-Rachmat Santoso dikabarkan juga mendapat rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN). Meskin belum memberikan keterangan resmi, salah satu sumber terpercaya membenarkan Mak Rini telah mendapat rekomendasi dari PKB. 

"Insya Allah benar," ungkap sumber tersebut, Senin (31/8/2020).

Baca Juga : Head to Head, Hanya Dua Bapaslon Adu Kuat di Pilkada Bantul

Apabila rekomendasi untuk Mak Rini ini benar adanya, hal ini jelas semakin memanaskan suhu politik jelang Pilkada Kabupaten Blitar. Pasalnya sebelumnya, pada Sabtu (29/8/2020) lalu, Ketua DPC PKB Kabupaten Blitar Abdul Munib justru telah mendapatkan rekomendasi dari PKS dan Golkar berpasangan dengan pengusaha muda Niko Bagus Kurniawan.

Untuk mengusung calon di Pilkada Kabupaten Blitar, PKB diharuskan berkoalisi dengan partai lain. Hal ini dikarenakan PKB hanya memiliki 9 kursi di DPRD. Agar dapat mengusung calon sendiri di pilkada dibutuhkan minimal 10 kursi di DPRD.

Topik
Berita Hari Ini Pilbup Blitar 2020 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar Ketua DPC PKB Pilkada Kabupaten Blitar 2020 calon bupati Blitar

Berita Lainnya