Gedung rawat inap Puskesmas Kedungkandang untuk pelayanan imunisasi anak di masa pandemi Covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Gedung rawat inap Puskesmas Kedungkandang untuk pelayanan imunisasi anak di masa pandemi Covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

Imunisasi terhadap bayi ataupun balita tetap harus dilakukan di masa pandemi Covid-19. Sebab, imunisasi menjadi satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit yang berbahaya pada anak.

Namun, tak sedikit orang tua yang ragu untuk memberi imunisasi pada anaknya di tengah pandemi seperti saat ini. Dalam hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang melalui layanan kesehatan Puskesmas tetap memberlakukan pemeriksaan imunisasi. Namun, harus dengan pengetatan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga : Tidak Hanya Update Covid-19, Apa Saja Kegiatan Gugus Tugas Covid-19 di Jember?

Puskesmas Kedungkandang ini misalnya, untuk mencegah penyebaran virus yang rentan menyerang anak-anak, sistem layanan imunisasi dilakukan berbeda dengan pemeriksaan pasien pada umumnya.

Di samping membuat jadwal khusus dalam satu minggu hanya 2 kali saja yakni setiap hari Senin dan Kamis mulai pukul 08.00, sistem layanan juga dipisahkan dari pengunjung atau pasien umum.

Untuk menunjang layanan khusus ini, proses imunisasi dialihkan ke gedung terpisah yang sebelumnya  merupakan gedung khusus rawat inap pasien dari Puskesmas Kedungkandang.

"Untuk pemeriksaan imunisasi karena bayi, balita, anak-anak itu rentan maka kita masukkan di rawat inap. Jadi memang kita ada dua gedung berbeda, maka kita alihkan ke situ," ujar Kepala Puskesmas Kedungkandang, dr Lisna.

Meski hal itu tidaklah mudah, namun dengan langkah ini sebagai suatu upaya bagi layanan kesehatan di Kota Malang agar setiap pengunjung yang datang dalam keadaan sehat maka pulang juga harus dalam keadaan sehat.

Baca Juga : Giliran Jalan Binor Kelurahan Bunulrejo Terapkan Lockdown Lokal

"Memang agak sulit ya, tapi itu kita hrs melakukan supaya jangan terjadi penyebaran virus. Jadi pasien yang sehat pulang jangan bawa penyakit," imbuhnya.

Di samping itu, untuk memaksimalkan imunisasi terhadap balita di masa pandemi Covid-19 yakni dengan memanfaatkan PUSTU (Puskesmas Pembantu). Yang mana dalam hal ini terbagi di tiga wilayah, yakni Kelurahan Wonokoyo, Buring dan Kotalama.

"Imunisasi di masyarakat ini akan dialihkan ke PUSTU. Kita bagi di tiga wilayah, namun untuk saat ini hal itu masih kita tata," tandasnya.