Heboh Virus Corona, RSUD Jombang Siapkan Ruang Isolasi Khusus | Kediri TIMES

Heboh Virus Corona, RSUD Jombang Siapkan Ruang Isolasi Khusus

Mar 07, 2020 11:56
Kondisi ruang isolasi dan tenaga medis yang mulai dipersiapkan oleh RSUD Jombang untuk penanganan virus corona. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Kondisi ruang isolasi dan tenaga medis yang mulai dipersiapkan oleh RSUD Jombang untuk penanganan virus corona. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Jawa Timur untuk melayani pasien corona. Untuk pelayanan tersebut, rumah sakit berplat merah ini telah menyiapkan satu ruang isolasi dan perangkatnya.

Ruang isolasi itu berada di salah satu ruangan khusus di sisi belakang RSUD Jombang. Lokasinya tidak berdampingan dengan ruang perawatan pasien umum. 

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran menyampaikan, ruang isolasi tersebut sedikitnya berisi kapasitas 5 tempat tidur. "Kami punya ruang isolasi besar dengan kapasitas 5 tempat tidur," terangnya saat diwawancarai di RSUD Jombang, Sabtu (7/3) pagi.

Menurutnya, ruang isolasi yang disiapkan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan maupun badan kesehatan dunia (WHO). Seperti sarana prasarana dan kelengkapan tenaga medis.

"Memang kami desain khusus ruang isolasi. Mulai dari tekanan negatifnya (di ruang isolasi, red), pembuangan udaranya sampai dengan jalur one way traffic, serta APD (Alat Pelindung Diri) yang memang disyaratkan dan sebagainya," bebernya.

Untuk kasus corona, dijelaskan Pudji, RSUD Jombang bertugas untuk memberikan pelayanan kesehatan secara kuratif. Pelayanan itu seperti mendiagnosa pasien, apakah masuk dalam kriteria yang disyaratkan kemenkes sebagai pasien corona atau bukan.

"Jika ada pasien yang datang ke rumah sakit untuk berobat, kemudian dari hasil tanya jawab dengan wawancara ternyata pasien memenuhi kriteria yang disyaratkan kementerian maka kami segera melakukan tindakan isolasi dan penegakan diagnosa corona virus. Dan bila tidak terbukti atau negatif corona, maka kita pulangkan dan kita laporkan ke dinas kesehatan untuk pemantauan," kata Pudji.

Sementara, diungkapkan Pudji, sejauh ini sudah ada 2 orang yang datang ke RSUD Jombang untuk berobat. Dua orang itu mengeluh sakit setelah melakukan perjalanan ke wilayah yang terjangkit virus corona, seperti Malaysia dan Thailand.

Dari hasil pemeriksaan tim medis RSUD Jombang, dua pasien tersebut dinyatakan negatif virus corona. "Setelah kita lakukan penanganan dan kajian dengan tim KLB kita, Alhamdulillah dari dua sampai tiga kasus tadi kriterianya tidak memenuhi. Setelah kita lakukan tata laksana pemeriksaan sesuai diagnosa hasilnya pasien membaik dan kita pulangkan," pungkasnya.(*)

Topik
Jombang berita jombang RSUD Jombang Virus Corona Standar Operasional Prosedur Alat Pelindung Diri Virus Corona di Indonesia

Berita Lainnya