Tak Hanya Cegah Corona, Rempah-Rempah Atasi Demam, Batuk, hingga Lesu dengan Racikan Berikut Ini | Kediri TIMES

Tak Hanya Cegah Corona, Rempah-Rempah Atasi Demam, Batuk, hingga Lesu dengan Racikan Berikut Ini

Mar 03, 2020 15:02
Rempah-rempah. (Foto: masakapahariini.com)
Rempah-rempah. (Foto: masakapahariini.com)

Virus corona atau covid-19 telah sampai di Indonesia. Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus ini, yakni bu usia 64 tahun dan anaknya umur 31 tahun. Saat ini, keduanya sudah berada di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Di sisi lain, peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Chaerul Anwar Nidom menemukan penangkal virus corona. Guru besar biologi molekuler Unair ini menemukan penangkal virus corona dari sari rempah-rempah (curcuma).

Agar terhindar dari corona, Chaerul yang juga berpengalaman menangani wabah flu burung pada tahun 2005 lalu menganjurkan untuk rutin mengonsumsi minuman yang mengandung curcuma sebagai suplemen daya tahan tubuh.

"Yang bisa digunakan untuk menangkal adalah herbal atau tanaman obat yang ada di sekitar kita dan kita biasa meminum atau mengonsumsi itu. Ya itu yang kandungannya kurkumin. Kurkumin ini ada di dalam jahe,  temulawak,  kunyit,  serai, dan sebagainya," bebernya.

Rempah-rempah seperti kunyit, temulawak, serai, dan jahe tersebut memiliki khasiat meningkatkan imun manusia. Selain itu, rempah-rempah dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan yang kerap datang, seperti demam, nyeri lambung atau maag, batuk, hingga badan letih lesu.

Berikut racikan rempah-rempah untuk mengatasi keluhan-keluhan tubuh tersebut dilansir dari buku Romansa Rempah Indonesia karya Marisza Cardoba.

1. Demam

Ketika demam datang, artinya tubuh memberi sinyal ada tidak keseimbangan. Kita memiliki smart body, yang selalu memberi kabar ada yang tidak beres dalam metabolisme tubuh. Tidak memerlukan antibiotik, peningkatan daya tahan tubuh dapat menyelesaikannya.

Caranya, ambil tiga jari kunyit, haluskan, seduh dengan 200 cc air panas, tutup gelas, dan minum 1 jam sebelum makan.

Apabila demam berlanjut, pikirkan untuk tetap ke dokter atau ke rumah sakit. Mungkin saatnya antibiotik harus masuk tubuh atas indikasi.

2. Nyeri Lambung atau Maag

Nyeri lambung atau maag adalah penyakit rakyat yang disebabkan oleh kebiasaan yang tidak beres dan dilakukan bertahun-tahun tanpa sadar. Misalnya makan telat, salah makan, makan tidak proporsional, gemar makan satu jenis makanan.

Maka dari itu, tubuh memberi sinyal adanya ketidakberesan tubuh. Sayangnya, rasa perih sering sekali diabaikan.

Ambil 1/4 temulawak segar, 3 jari kunir putih, tumbuk halus, seduh dengan 200 cc air mendidih, tutup gelas, tunggu sampai dingin. Minum sehari 3 kali dengan dosis yang sama satu jam sebelum makan.

3. Batuk

Batuk adalah penyakit semua orang, tanpa memandang usia. Bisa disembuhkan dengan belimbing wuluh yang diperas, ambil airnya, tambahkan kecap manis, minum sehari dua sampai dengan tiga kali.

Atau, bisa juga dengan mengunyah kencur dan diisap-iisap setelah dicuci bersih. Makanlah bersama kulitnya.

Batuk juga sering menyebabkan tidak bisa tidur. Untuk mengatasinya, tumbuk bawang merah, seduh dengan 50 cc air, saring dan tambahkan garam sedikit, minum menjelang tidur.

4. Badan Letih Lesu

Kayu manis akan membantu menyegarkan kembali badan yang letih dan lesu. Rebus 1 batang kayu manis bersama 3 gelas air sampai mendidih. Setelah itu, masukkan jahe merah 2 jari yang telah dibersihkan dan ditumbuk halus. Masukkan juga 3 lembar daun jeruk 3. Matikan kompor, tutup panci, tunggu sampai hangat, dan tambahkan gula merah atau madu.

Topik
Malang Berita Malang malang hari ini Virus Corona Presiden Joko Widodo Virus Corona di Indonesia Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso Universitas Airlangga Unair Chaerul Anwar Nidom

Berita Lainnya