Joko Susilo: Untuk Lolos 8 Besar, Butuh Mental Baja | Kediri TIMES

Joko Susilo: Untuk Lolos 8 Besar, Butuh Mental Baja

Jan 30, 2018 15:44
Pelatih Kepala Arema FC, Joko Susilo (Hendra Saputra/MALANGTIMES)
Pelatih Kepala Arema FC, Joko Susilo (Hendra Saputra/MALANGTIMES)

Membela klub yang berlabel tim besar dan berpredikat juara bertahan Piala Presiden tahun lalu sangatlah tidak mudah bagi pemain Arema FC. Pasalnya, beban mental akan mempengaruhi ketika turun pada pertandingan.

Apalagi kini Arema FC akan menghadapi laga terakhir Piala Presiden 2018 dengan menghadapi Bhayangkara FC yang juga mempunyai kans lolos ke babak 8 besar.

Tentu harapan besar Aremania ingin tim kesayangannya lolos, akan tetapi melihat lawan yang dihadapi, pertandingan akan terlihat sangat ketat.

Pada pertandingan perdana, Arema FC hanya mampu meraih satu poin melawan Persela Lamongan. Ekspektasi besar Aremania yang mengharap kemenangan dilaga perdana pun sirna.

Pertandingan kedua skuat Singo Edan langsung menjawab keraguan Aremania yang sempat kecewa pada pertandingan perdana. PSIS Semarang menjadi tumbal keganasan Dendi Santoso dkk yang mampu menciptakan tiga gol.

Hasil satu kali menang dan satu kali seri belum cukup untuk memastikan satu tiket untuk lolos ke babak selanjutnya karena Bhayangkara FC pun juga meraih hasil yang serupa.

Pelatih Arema FC, Joko Susilo mengakui bahwa para pemainnya memang sempat mengalami permasalahan yang berada di mental.

"Para pemain sepertinya sudah merasakan beban sebagai juara bertahan sejak laga perdana. Itu sebenarnya sangat membahayakan, karena tekanan akan terus datang sedangkan pemain belum bisa mengantisipasi,"  ujarnya.

Namun, Joko Susilo mengambil hikmah dari keadaan yang membuat timnya harus bisa mengolah mentalnya secara profesional. "Tapi karena keadaan itu, pemain seharusnya juga semakin kuat dengan beban berat yang ada di pundaknya," katanya.

"Selain itu, seharusnya kemampuan pemain semakin bagus, baik secara individu maupun tim, karena mentalnya juga terasah," sambungnya.

Topik
Berita Malang Arema FC Joko Susilo

Berita Lainnya