Ini Perjalanan Karir Rio Haryanto Sebelum Membalap di Formula 1 | Kediri TIMES

Ini Perjalanan Karir Rio Haryanto Sebelum Membalap di Formula 1

Feb 19, 2016 08:44
Rio Haryanto (foto: kompas)
Rio Haryanto (foto: kompas)

Sebelum resmi membalap di ajang Formula 1 untuk musim 2016, Rio Haryanto harus menempuh jalan berliku di berbagai pelombaan balap mobil lain.

Dilansir dari laman Wikipedianya, karir balapan pemuda berusia 23 tahun tersebut dimulai pada tahun 2008 dengan mengikuti sejumlah ajang di level Asia.

Dimulai dari  Asian Formula Renault Challenge, Formula Asia 2.0, hingga  Formula BMW Pacific pada 2009.  Di ajang yang disebutkan terakhir, ia berhasil menggondol gelar juara.

Rio memutuskan untuk naik kelas pada tahun 2012 dengan mengikuti ajang GP2, rangkaian balapan mobil yang berlevel setingkat di bawah Formula 1.  Pada mulanya, ia bergabung dengan Carlin GP2 Team.

Setelah sempat berpindah tim dua kali, pada 2015 silam Rio Haryanto masuk ke tim Campos Racing. Disinilah jalan menuju Formula 1 mulai terbuka, dengan menduduki peringkat keempat di klasemen akhir musim.

Rio kemudian mendapat kesempatan untuk menjajal mobil milik tim Manor pada sesi tes pasca musim di Abu Dhabi. Hasil tes inilah yang membuat tim yang bermarkas di Inggris kepicut dan memberi kesempatan bagi Rio untuk menjadi calon pembalap F1.

Setelah melalui proses yang dramatis, pada Kamis (18/2/2016) kemarin Rio Haryanto akhirnya resmi menjadi pembalap Indonesia pertama yang membalap di kelas Formula 1.

Aksinya bersama Manor akan dimulai pada 20 Maret mendatang pada seri pertama F1 yang berlangsung di Australia. (*)

Topik
Rio Haryanto line up Formula 1

Berita Lainnya